Ada pahit dalam setiap tegukan kopi hitam, tapi kemudian menenangkan ~

Jumat, 01 Agustus 2014

Seberkas "Bebas"


Apa yang membuat kita kadang melakukan sesuatu hal yang sama dalam keseharian kita? sesuatu yang membosankan, atau bisa dibilang hidup kita berada pada lingkaran itu saja, atau kita terlalu takut untuk keluar dari zona nyaman? atau kita hanya menikmati kebosanan dengan terpaksa ataupun dalam keadaan senang. 

***
Apa yang kadang membuat kita tergila-gila pada alam, mungkin karena: tak ada yang menyejukan syaraf ketika air hujan jatuh dan menyatu dengan tanah dan kemudian kita perlahan membauinya, membauinya dengan hikmat, tak ada yang bisa menentramkan mata ketika kita berada disuatu puncak dan ketika itu pula kita melihat senja sore yang berwarna merah keemasan beserta angin semilir lalu kita bisa merasakan betapa lebutnya angin senja sore perlahan kita tarik nafas dan mengeluarkannya dengan perlahan pula, Tuhan! begitu indah bumi ini, tak ada yang bisa menentramkan hati ketika kita berada di hutan yang jarang dijamah manusia ketika kita bisa merasakan udara lembab hutan tropis dan ketika itu pula kita bisa mendengar musik indah, musik alam, alunan burung bercicit, tetesan embun dari dedaunan yang jatuh ke tanah.

***
Aku ingin bergerak, bergerak kesegalah arah, bergerak keseluruh penjuru bumi, jauh dari hingar bingar auman manusia, jauh dari kemunafikan manusia, jauh dari keluhan manusia, jauh dari keributan manusia, kemuka duaan, keanjingan, jauh sejauhnya dari peradaban.
ada yang membuat aku ingin melakukan sebuah perjalanan, bukan karena desakan seseorang ataupun pengaruh seseorang, dan sebelum aku menemukan Quote yang paling menggetarkan jiwa:


“make a radical change in your lifestyle and begin to boldly do things which you may previously never have thought of doing, or been too hesitant to attempt. So many people live within unhappy circumstances and yet will not take the initiative to change their situation because they are conditioned to a life of security, conformity, and conservation, all of which may appear to give one peace of mind, but in reality nothing is more damaging to the adventurous spirit within a man than a secure future. The very basic core of a man's living spirit is his passion for adventure. The joy of life comes from our encounters with new experiences, and hence there is no greater joy than to have an endlessly changing horizon, for each day to have a new and different sun. If you want to get more out of life, you must lose your inclination for monotonous security and adopt a helter-skelter style of life that will at first appear to you to be crazy. But once you become accustomed to such a life you will see its full meaning and its incredible beauty.”
Jon Krakauer, Into the Wild
" Membuat perubahan radikal dalam gaya hidup Anda dan mulai berani melakukan hal-hal yang Anda mungkin sebelumnya tidak pernah berpikir untuk melakukan, atau terlalu ragu-ragu untuk mencoba. Begitu banyak orang hidup dalam keadaan yang tidak menyenangkan namun tidak akan mengambil inisiatif untuk mengubah situasi mereka karena mereka dikondisikan untuk hidup keamanan, kesesuaian, dan konservasi, yang semuanya mungkin muncul untuk memberikan satu ketenangan pikiran, tetapi dalam kenyataannya tidak ada lebih merusak jiwa petualang dalam manusia daripada masa depan yang aman. Inti sangat dasar semangat hidup seorang pria adalah semangat untuk petualangan,Sukacita kehidupan berasal dari pertemuan kami dengan pengalaman baru, dan karenanya ada sukacita yang lebih besar dari memiliki cakrawala tanpa henti berubah, untuk setiap hari untuk memiliki matahari yang baru dan berbeda. Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak dari hidup, Anda harus kehilangan kecenderungan Anda untuk keamanan monoton dan mengadopsi gaya tunggang langgang hidup yang akan pada awalnya tampak Anda menjadi gila. Tapi setelah Anda menjadi terbiasa dengan kehidupan seperti itu Anda akan melihat arti penuh dan keindahan yang luar biasa"
***
Bebas adalah bagaimana kita bisa menyatu dengan alam, bagaimana kita bisa menghargai hidup, bagaimana kita bisa menyatu dengan sesama manusia tanpa kita bermuka dua, kita yang apa adanya, bagaimana kita bisa merasakan setiap hembuasan angin, menghargai setiap nafas yang kita punya tanpa dana sepeserpun untuk menghirupnya, ketika kita bisa keluar dari zona nyaman kita, keluar dari monoton  tanpa rasa takut untuk melakukannya, ketika kita mencoba keluar dan melangkah kemana kita bisa pergi dan pergi berpetualang.
 Dan aku ingin melakukan perjalanan (backpacker) mengelilingi indonesia (jika Tuhan mengabulkannya).

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Tentang aku dan kopi hitam

Foto Saya
Menulislah dengan menulis jiwa dan pikiran kita tak kosong, sejelek apapun tulisanmu, bahkan tak ada satupun manusia yang membacanya, tetaplah menulis untuk dirimu sendiri sehingga jika kamu telah lelah menulis karena termakan usia kamu akan mulai membaca tulisan-tulisanmu yang tak termakan usia, yang mungkin akan dibaca oleh anak cucu kita sendiri. Jadi mulai lah menulis!!!